Pages

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • Google+
  • RSS Feed

Tuesday, October 4, 2011

rangkuman biji

 
 Rangkuman Biji..




1. Gymnospermae (dari bahasa Yunani: gymnos (telanjang) dan sperma (biji) atau tumbuhan berbiji terbuka merupakan kelompok tumbuhan berbiji yang bijinya tidak terlindung dalam bakal buah (ovarium).
Pada Gymnospermae, biji terekspos langsung atau terletak di antara daun-daun penyusun strobilus atau runjung. Pada melinjo misalnya, bijinya sejak dari "kroto" hingga melinjo masak dapat dilihat.

Nama Angiospermae diambil dari penggabungan dua kata bahasa Yunani Kuno: aggeion, "penyangga" atau "pelindung" dan sperma, bentuk jamak untuk "biji"
Pada tumbuhan berbunga (Angiospermae, atau Magnoliophyta), biji atau bakal biji selalu terlindungi penuh oleh bakal buah sehingga tidak terlihat dari luar.

2. Daun Lembaga atau kotiledon adalah bakal daun yang terbentuk pada embrio. Kotiledon merupakan organ cadangan makanan pada biji sekelompok tumbuhan, sekaligus organ fotosintetik pertama yang dimiliki oleh tumbuhan yang baru saja berkecambah. Kotiledon tidak memiliki anatomi yang lengkap seperti daun sejati.
Fungsinya sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan, untuk fotosintesis, alat pengisap makanan untuk embrio. bagi kecambah ia berfungsi seperti daun

3. Golongan tumbuhan berdasarkan daun lembaga di bagi menjadi dua yakni tumbuhan berkeping satu ( monocotyledoneae ) dan tumbuhan berkeping ganda ( Dycotyledoneae )
Tumbuhan berkeping biji tunggal (monokotil) adalah salah satu dari dua kelompok besar tumbuhan berbunga yang bijinya tidak membelah karena hanya memiliki satu daun lembaga. Kelompok ini diakui sebagai takson dalam berbagai sistem klasifikasi tumbuhan dan mendapat berbagai nama, seperti Monocotyledoneae, Liliopsida, dan Liliidae.
Tumbuhan berbiji belah atau tumbuhan berkeping biji dua (Dikotil) adalah segolongan tumbuhan berbunga yang memiliki ciri khas yang sama dengan memiliki sepasang daun lembaga (kotiledon:daun yang terbentuk pada embrio) berbentuk sejak dalam tahap biji sehingga biji sebagian besar anggotanya bersifat mudah terbelah dua
dan sistem Crouquist mengakui kelompok ini sebagai takson dan menamakannya kelas Magnoliopsida.

4. Bagian putih lembaga, seperti endospermium merupakan cadangan makanan pada biji. Berdasarkan pembentukannya, endospermium berasal dari sel induk endospermium yang telah dibuahi oleh sel sperma. Perispermium merupakan putih lembaga luar. Bagian ini berasal dari nuselus atau selaput bakal biji.

5. hypogeal apabila dalam perkecambahannya kotiledon tidak muncul ke permukaan (misalnya jagung), dan
epigeal apabila dalam perkecambahannya kotiledon muncul di atas permukaan tanah/media tumbuh (misalnya kacang tanah).
 
Copyright © 2013-2015 Wandering Kitten | © 2012. Design by Main-Blogger - Blogger Template and Blogging Stuff
Cool Red Outer Glow Pointer